Ban yang Digunakan Rio pada GP Austria

Ban yang Digunakan Rio pada GP Austria - Pirelli baru saja mengumumkan pilihan ban yang dibuat oleh masing-masing tim Formula Satu (F1) untuk Grand Prix (GP) Austria yang akan digelar pada 3 Juli mendatang di Red Bull Ring, Spielberg.

Ada tiga kompon ban yakni, soft, supersoft, dan ultrasoft dengan alokasi 13 set ban per pebalap yang akan digunakan dalam balapan ke-9 musim ini tersebut.

Lalu, apa saja kombinasi ban yang dipilih pebalap Manor Recing, Rio Haryanto, pada GP Austria nanti?

Ban yang Digunakan Rio pada GP Austria

Seperti dilansir dari Euro Sport, pebalap Indonesia itu memilih satu ban soft, empat ban supersoft, dan delapan ban ultrasoft. Demikian pula dengan rekan Rio, Pascal Wehrlein, yang memiliki pilihan yang sama.



Seperti yang diketahui, total ada tujuh tipe ban dari Pirelli yang digunakan para pebalap F1 musim ini. Setiap tipenya diberi warna yang berbeda.

Ban kering bertipe hard (keras) punya label warna jingga, medium berwarna putih, soft (lunak) berwarna kuning, supersoft berwarna merah, dan ultrasoft berwarna ungu.

Dari semua jenis ban kering, ban ultrasoft mempunyai kompon terlunak dan berdaya cengkeram paling kuat. Namun, ban tipe ini paling cepat aus.

Pilihan ban akan sangat berpengaruh dalam strategi balapan. Bila salah memilih atau menggunakannya, ban bisa cepat aus dan pebalap dapat keluar lebih cepat dari balapan sebelum finis.

Dalam klasemen sementara, Rio saat ini berada di posisi terbawah dan belum mendapatkan poin. Peringkat teratas ditempati pebalap tim Mercedes Nico Rosberg dengan perolehan 141 poin.(Rio F1)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »